Cara Membedakan Beras Plastik dengan Beras Asli

Cara membedakan beras asli atau beras sintetetis (plastik) dan ciri-ciri beras plastik. Setelah beberapa saat yang lalu gempar dengan ditemukannya dugaan beras plastik oleh seorang pedagang bubur dan nasi uduk di Bekasi, Jawa Barat, saat ini warga masyarakat tentunya sangat khawatir dan cemas.
Seperti yang kita ketahui bahwa beras atau nasi adalah makanan pokok di negri kita, maka dari itu sebagai konsumen kita harus selalu memperbarui informasi dan pengetahuan kita, agar kita tidak tertipu dengan berbagai macam penipuan yang saat ini sedang marak-maraknya.
Berikut ini ada beberapa tips atau cara yang bisa diguanakan untuk membedakan beras palsu / plastik dan beras yang asli. Sedikitnya ada 6 ciri-ciri umum beras plastik yang dapat kita kenali yaitu sebagai berikut :
1. Jika beras dimasak menjadi bubur, maka beras plastik akan tetap berbentuk butiran dan seperti belum matang.

Untuk nasi normal apabila diolah menjadi bubur biasanya akan mengental dan menyatu ketika kondisinya sudah dingin, namun bubur dari beras plastik dingin akan berbentuk buliran dan seperti belum matang dan kelihatannya encer tapi butirannya masih terlihat.

2. Beras plastik mengeluarkan air, saat ditanak.
Jika pada beras yang asli akan menyerap air agar bisa mengembang, maka pada beras plastik malah mengeluarkan banyak air. Beras asli menjadi nasi yang empuk dan pulen karena ia menyerap air, tapi beras plastik malah akan mengeluarkan banyak air. Hal ini dimungkinkan karena plastik sebagai unsur pembuatnya meleleh.

3. Rasa Beras plastik aneh dan getir.
Nasi dari beras asli akan memiliki aroma wangi, dengan sedikit rasa manis. Namun pada nasi dari beras plastik rasanya di lidah aneh dan hanya tawar.

4. Penampilan fisik.
Beras plastik memiliki tampilan polos dan bening, sedangkan beras asli terlihat warna putih susu di tengah-tengahnya. Kita harus hati-hati, warna bening polos bukan berarti berasnya bersih.

5. Saat dicampur dan dimasak, posisi air akan berada di atas nasi, bukannya malah menyatu.
Pada saat masak bubur, nasi akan mengendap di bawah dan airnya di atas. Seharusnya, beras palsu akan menyatu dengan air atau mengapung di permukaan jika jumlah air lebih banyak.

6. Selain dikenali dari warnanya, beras plastik juga dikenali dari teksturnya.
Beras asli punya guratan, tidak halus, bahkan kadang bocel-bocel/rusak. Sedangkan beras plastik memiliki tekstur halus sempurna saja. Jadi jangan terkecoh dengan penampakan halus beras, bersih putih, dan bentuk yang rata, karena ternyata palsu alias beras sintetis.(lihat foto di atas).

Sumber : http://banyumasnews.com
Demikian beberapa tips membedakan beras plastik dengan beras asli, semoga bisa bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan kita...

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top